Program Studi Sarjana di Departemen Geografi FMIPA-UI merancang kurikulum untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan. Desain kurikulum tidak terlepas dari domain utama geografi yang meliputi:
Secara khusus, tujuan akhir yang perlu dicapai bagi mahasiswa adalah mampu memberikan “scientific judgement” fakta-fakta regional sehingga dapat menghadirkan pemahaman yang terintegrasi berdasarkan pendekatan regional terhadap permukaan bumi dalam kaitannya dengan proses fisik dan sosial. Oleh karena itu, proses pembelajaran geografi meliputi:
Sistem pendidikan di Departemen Geografi FMIPA-UI, seperti biasa di perguruan tinggi di Indonesia, menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS). Untuk memperoleh gelar Sarjana Sains (S.Si), setiap mahasiswa wajib memperoleh minimal 144 SKS (SKS) dan maksimal 160 SKS serta lulus semua mata kuliah wajib di Universitas, Gugus Sains, Fakultas, dan Program Studi. Proses perkuliahan ditempuh dalam 8 semester (4 tahun) meliputi kuliah kerja lapangan dan penyusunan skripsi/tugas akhir. Lama studi maksimal yang diperbolehkan adalah 12 semester (6 tahun). Bagi mahasiswa berprestasi, dimungkinkan untuk lulus dalam waktu 7 semester (3,5 tahun).
Kurikulum pendidikan di Program Studi Sarjana Geografi terdiri dari beberapa mata kuliah yang dapat dikelompokkan sebagai berikut:
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
UIGE600003 | Bahasa Inggris | 2 |
UIGE600004 | Agama | 2 |
SCMF600001 | Matematika Dasar | 2 |
SCMF600002 | Pengantar Sains Data | 2 |
SCPH601110 | Fisika Dasar | 2 |
SCCH601101 | Kimia Umum | 2 |
SCGE601002 | Berpikir Geografis | 2 |
SCGE601003 | Prinsip dan Perspektif Geografi Fisik | 2 |
SCGE601004 | Praktikum Geografi Fisik 1 | 1 |
SCGE601006 | Kartografi | 2 |
SCGE601007 | Praktikum Kartografi | 1 |
Jumlah SKS pada Semester I | 20 |
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
UIGE600006 | MPKT | 5 |
SCMA601003 | Aljabar Linear Elementer | 2 |
SCGE601005 | Prinsip dan Perspektif Geografi Manusia | 3 |
SCGE601008 | Pengantar Metode Geografi | 2 |
SCGE601009 | Survei dan Pemetaan | 2 |
SCGE601010 | Praktikum Survei dan Pemetaan | 1 |
SCGE601011 | Sistem dan Proses Geografi Fisik | 4 |
SCGE601012 | Praktikum Geografi Fisik 2 | 1 |
Jumlah SKS pada Semester II | 20 |
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
SCBI601112 | Biologi Umum | 2 |
SCGE602003 | Kuliah Kerja Lapang 1 | 2 |
SCGE602005 | Metode Kualitatif Geografi | 3 |
SCGE602006 | Praktikum Metode Kualitatif Geografi | 1 |
SCGE602007 | Data dan Statistik Geografi | 3 |
SCGE602008 | Praktikum Statistik Geografi | 1 |
SCGE602011 | Organisasi Keruangan Aktivitas Manusia | 4 |
SCGE602012 | Praktikum Geografi Manusia | 1 |
SCGE602016 | Penginderaan Jauh | 2 |
SCGE602017 | Praktikum Penginderaan Jauh | 1 |
SCGE602027 | Hidrogeografi | 2 |
Jumlah SKS pada Semester III | 22 |
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
SCGE602001 | Rancangan Penelitian Geografi | 2 |
SCGE602004 | Kuliah Kerja Lapang 2 | 2 |
SCGE602013 | Dinamika Penggunaan Lahan | 2 |
SCGE602014 | Geografi Profesional | 2 |
SCGE602018 | Sistem Informasi Geografis | 2 |
SCGE602019 | Praktikum Sistem Informasi Geografis | 1 |
SCGE602029 | Iklim dan Kehidupan | 2 |
SCGE602030 | Dinamika Spasial Wilayah Urban | 2 |
SCGE602031 | Ruang dan Sistem Perekonomian | 2 |
SCGE602032 | Kualitas Hidup dan Mobilitas Penduduk | 2 |
SCGE602028 | Sistem Ekologi dan Bentang Lahan | 2 |
Jumlah SKS pada Semester IV | 21 |
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
SCGE603701 | Biogeografi | 2 |
SCGE603703 | Dinamika Bentuk Lahan Fluvial | 3 |
SCGE603711 | Oseanografi | 2 |
SCGE603712 | DAS dan Dinamika Sumberdaya Air | 2 |
SCGE603718 | Fenomena dan Dampak Perubahan Iklim | 3 |
SCGE603720 | Geografi Kebencanaan | 2 |
SCGE603801 | Sistem Satelit Navigasi Global | 2 |
SCGE603803 | Penginderaan Jauh Radar | 2 |
SCGE603805 | Manajemen Basis Data Spasial | 2 |
SCGE603809 | Survei Hidrografi | 2 |
SCGE603815 | Foto Udara Dijital | 2 |
SCGE603820 | PJ untuk Sumberdaya Perairan | 2 |
SCGE603821 | PJ untuk Dinamika Urban-Rural | 2 |
SCGE603901 | Kebudayaan dan Identitas Tempat | 3 |
SCGE603902 | Kekuasaan dan Ruang Ekologis | 3 |
SCGE603908 | Geografi Kesehatan | 2 |
SCGE603913 | Geografi Pertanian | 2 |
SCGE603915 | Geografi Pariwisata | 2 |
SCGE603917 | Urbanisasi dan Kota Masa Depan | 2 |
SCGE603918 | Perilaku Keruangan dan Keputusan Lokasi | 2 |
Jumlah SKS pada Semester V | 22 |
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
SCGE603704 | Evaluasi dan Konservasi SD Lahan | 2 |
SCGE603709 | Klimatologi Perkotaan | 2 |
SCGE603710 | Dinamika Bentuk Lahan Pantai | 2 |
SCGE603721 | Analisis Risiko Bencana Alam | 2 |
SCGE603722 | Pemodelan Hidrometeorologi | 2 |
SCGE603723 | Geografi Pesisir | 2 |
SCGE603804 | PJ Multi dan Hiperspektral | 2 |
SCGE603811 | Survei Kewilayahan | 2 |
SCGE603812 | Kartografi Interaktif dan Visualisasi Dijital | 2 |
SCGE603816 | Geokomputasi dan Kustomisasi SIG | 2 |
SCGE603817 | Pemetaan Partisipasif | 2 |
SCGE603819 | Pemetaan Topografi dan Batimetri | 2 |
SCGE603822 | PJ untuk Iklim Regional | 2 |
SCGE603823 | PJ untuk Ekosistem Lahan | 2 |
SCGE603907 | Geografi Sejarah | 2 |
SCGE603910 | Geografi Industri | 2 |
SCGE603911 | Geografi Logistik | 2 |
SCGE603920 | Geografi Energi | 2 |
SCGE603921 | Inovasi dan Kreativitas Lokal | 2 |
SCGE603922 | Teritorialitas dan Kontestasi SDA | 2 |
SCGE603923 | Politik Ekologi dan Pemb. Berkelanjutan | 2 |
SCGE603924 | Transformasi Rural | 2 |
Jumlah SKS pada Semester VI | 22 |
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
SCGE604007 | Seminar Penelitian Geografi | 2 |
SCGE604029 | Geografi Regional Indonesia | 4 |
SCGE604030 | Pembangunan Wilayah | 3 |
SCGE604031 | Simulasi dan Pemodelan Spasial | 2 |
Jumlah SKS pada Semester VII | 11 |
Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|
SCGE604000 | Skripsi | 6 |
Jumlah SKS pada Semester VIII | 6 |
Kode : UIGE600006 (5 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menelaah masalah kemasyarakatan, bangsa, negara, dan ideologi Pancasila serta membentuk kepribadian mahasiswa menjadi pembelajar mandiri dalam menuntut ilmu yang integratif dan komprehensif, secara kritis, logis, kreatif, filosofis, inovatif berdasarkan pemahaman diri sebagai individu dan anggota masyarakat sebagai manager alam.
Kode : UIGE600003 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menerapkan penggunaan Bahasa Inggris secara efektif dalam lingkup akademik secara bertanggung jawab, baik untuk menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Pokok Bahasan :
Pengenalan teknik menyimak, berbicara, membaca, dan menulis; tata bahasa dan penyusunan paragraf; penyusunan rangkuman; Pengenalan etiket dan ungkapan yang umum dalam diskusi ilmiah; pemilihan strategi membaca; penyusunan esai.
Referensi :
Kode : UIGE600004 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menerapkan ajaran agamanya dan menggunakannya untuk menganalisis kasus‐kasus yang terjadi di masyarakat.
Pokok Bahasan :
Sejarah dan makna agama, pokok-pokok ajaran agama, agama dan budaya, serta analisis kasus-kasus nyata yang terjadi di masyarakat.
Referensi :
Kode: SCPH601110 (2 sks)
Capaian Pembelajaran : Mampu mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip ilmu alam, matematika, dan data analitik pada kajian geografis
Tujuan :
Menjelaskan konsep dasar fisika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, meliputi mekanika, termodinamika, elektromagnetik, gelombang dan optik.
Pokok Bahasan :
Hukum gerak benda; gerak translasi dan rotasi; hukum kekekalan energi mekanik; momentum; energi; fluida statis dan dinamis; panas; ekspansi dan transportasi panas; termodinamika; mesin panas; getaran mekanis; suara; listrik; kapasitas listrik; arus listrik; magnetisasi; elektromagnet; gelombang; cahaya; optik; fisika modern; atom.
Referensi :
Kode: SCCH601101 (2 sks)
Capaian Pembelajaran : Mampu mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip ilmu alam, matematika, dan data analitik pada kajian geografis
Tujuan :
Memberikan fondasi yang kuat dalam konsep materi dan perilaku kimia partikel untuk melihat permasalahan dalam bidangnya ditinjau dari sudut pandang kimiawinya serta dapat menjelaskan peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Pokok Bahasan :
Materi dan perubahannya; komponen atom; ion dan molekul; struktur elektronik ato; stoikiometri; reaksi kimia utama; teori kinetik gas; larutan dan sifat koligatif; termokimia; integrasi bidang; sains terintegrasi.
Referensi :
Kode: SCMF600002 (2 sks)
Capaian Pembelajaran : Mampu mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip ilmu alam, matematika, dan data analitik pada kajian geografis
Kode: SCMF600001 (2 sks)
Capaian Pembelajaran : Mampu mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip ilmu alam, matematika, dan data analitik pada kajian geografis
Tujuan :
Menjelaskan konsep dasar kalkulus satu variabel dan membiasakan diri menyelesaikan masalah aplikasi kalkulus
Pokok Bahasan :
Sistem bilangan ril; pertidaksamaan dan nilai mutlak; definisi dan ragam variabel satu fungsi; teori graf (Cartesian); definisi dan teorema limit, kontinuitas; fungsi transenden, diferensial; makna geometri; rumus diferensial; aturan rantai; diferensiasi tingkat tinggi; diferensiasi implisit; penerapan diferensial; maksimum dan minimum; dalil nilai rata-rata; definisi integra; integral pasti dan tak tentu; teorema dasar kalkulus; sifat dasar integral; teknik integrasi; penerapan integral; luas dan volume benda putar.
Referensi :
Kode: SCBI601112 (2 sks)
Capaian Pembelajaran : Mampu mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip ilmu alam, matematika, dan data analitik pada kajian geografis
Tujuan :
Memahami dan dapat menyelesaikan permasalahan berhubungan dengan soal-soal Biologi secara umum yang berhubungan dengan lingkungan dan makhluk hidup.
Pokok Bahasan :
Karakteristik kehidupan, biologi sel, pewarisan sifat, evolusi, keanekaragaman mahluk hidup, strukur dan fungsi hewan, struktur dan fungsi tumbuhan, biodiversitas Indonesia, serta interaksi manusia dengan mahluk hidup lain dan lingkungan.
Referensi :
Kode: SCMA601003 (2 sks)
Capaian Pembelajaran : Mampu mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip ilmu alam, matematika, dan data analitik pada kajian geografis
Tujuan :
Menerapkan prinsip dasar Aljabar Linear dalam persoalan matematika sederhana.
Pokok Bahasan :
Pendahuluan matriks, operasi matriks, determinan, invers matriks, vektor di R2 & R3, ruang vektor Euclideas, sistem persamaan linier dalam matriks least squares menggunakan matriks, nilai eigen dan vektor eigen diagonalisasi, transformasi linear, metode eliminasi Gauss, metode Dekomposisi LU.
Referensi :
Kode: SCGE601002 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mahasiswa mampu menelaah penerapan prinsip dasar geografi pada berbagai skala dan karakterisik permukaan bumi.
Tujuan :
Menerapkan prinsip dan konsep utama geografi dalam kehidupan sehari-hari
Pokok Bahasan :
Ciri dan kedudukan ilmiah geografi; sejarah kemunculan; lingkup studi geografi; perspektif keruangan; konsep, tema, dan prinsip utama; pendekatan ilmiah geografi (regional-sistematik-ekologis-historis); identifikasi gejala keruangan; fungsi dan peran peta; prospek penerapan geografi.
Referensi
Download
Kode: SCGE601006 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu menelaah penerapan prinsip dasar geografi pada berbagai skala dan karakterisik permukaan bumi.
Tujuan :
Menerapkan esensi peta dan pemetaan dalam studi geografi
Pokok Bahasan :
Esensi peta dan pemetaan bagi studi geografis; lingkup kartografi; kartografi dan Sistem Informasi Geografis (SIG); pengertian dan sejarah peta; peta dan prinsip informasi keruangan; map-making theory; proyeksi dan skala peta; sumber data pemetaan; jenis peta dan kegunaannya dalam studi geografi; representasi dan visualisasi spasial gejala geografis; peta tematik; membaca dan menafsirkan peta.
Referensi
1. J Kraak & F. Ormeling. Cartography: Visualization of Geospatial Data, Fourth Edition. 2020. CRC Press
2. Cynthia. Designing Better Maps: A Guide for GIS Users. 2015. ESRI Press
3. I.M. Sandy. Esensi Kartografi. 1988. Jurusan Geografi FMIPA UI Depok
Download
Kode: SCGE601007 (1 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu menelaah penerapan teori dan metode geografis serta teknologi informasi spasial.
Tujuan :
Menerapkan prosedur dan metode pembuatan peta dengan benar untuk menghasilkan informasi geografis
Pokok Bahasan :
Syarat dasar peta; standarisasi peta dan pemetaan; prosedur dan teknik pembuatan peta; penggunaan skala, grid, dan proyeksi peta; pembuatan peta tematik; seleksi sumber data; klasifikasi dan kategorisasi data; pemilihan simbol; penyajian peta; penggabungan dan tumpang tindih peta; kesesuaian peta dan informasi keruangan.
Referensi
1. J Kraak & F. Ormeling. Cartography: Visualization of Geospatial Data, Fourth Edition. 2020. CRC Press
2. Cynthia. Designing Better Maps: A Guide for GIS Users. 2015. ESRI Press
Download
Kode: SCGE601009 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu menelaah penerapan teori dan metode geografis serta teknologi informasi spasial.
Tujuan :
Menerapkan prinsip dan metode survei dan pemetaan secara efektif untuk menghasilkan peta yang dibutuhkan
Pokok Bahasan :
Peran survei dan pemetaan untuk studi geografis; etika dan aturan survei lapangan; pelingkupan dan perencanaan survei; ragam sumber data lapang; pengenalan jenis dan alat survei (peta dasar, GPS, alat ukur, dll.); jenis dan pemilihan metode survei; sistem navigasi; adaptasi lapang; prosedur dan metode pelaporan hasil survei dan pemetaan.
Referensi
G. Charles D. & W. Paul R. Elementary Surveying: An Introduction to Geomatics. 2015. Pearson Education
Download
Kode: SCGE601010 (1 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu menelaah penerapan teori dan metode geografis serta teknologi informasi spasial.
Tujuan :
Menerapkan ketrampilan teknis penggunaan metode serta peralatan survei dan pemetaan secara efektif untuk menghasilkan peta yang dibutuhkan
Pokok Bahasan :
Praktikum survey pemetaan dengan etika dan aturan survei lapangan; pelingkupan dan perencanaan survei; ragam sumber data lapang; pengenalan jenis dan alat survei (peta dasar, GPS, alat ukur, dll.); jenis dan pemilihan metode survei; sistem navigasi; adaptasi lapang; prosedur dan metode pelaporan hasil survei dan pemetaan.
Referensi
Download
Kode: SCGE601003 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu menelaah penerapan prinsip dasar geografi pada berbagai skala dan karakterisik permukaan bumi.
Tujuan :
Menganalisis gejala keruangan lingkungan fisik
Pokok Bahasan :
Lingkup dan kedudukan geografi fisik; prinsip dasar dan konsep utama geografi fisik; pendekatan utama; proses dan pembentukan muka bumi sebagai gejala geografis; fisiografi permukaan bumi dan pola aliran; daur geologis dan siklus hidrologis; identifikasi gejala geografi fisik; pemetaan dalam geografi fisik; faktor antropogenik dalam geografi fisik; penerapan geografi fisik.
Referensi
Download
Kode: SCGE601004 (1 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu menelaah penerapan teori dan metode geografis serta teknologi informasi spasial.
Tujuan :
Menerapkan metode dan instrumen pengumpulan dan pengolahan data tentang gejala geografi fisik
Pokok Bahasan :
Pengenalan instrumen geografi fisik; pembacaan peta topografi; penghitungan lereng, gradien sungai, dll; metode klasifikasi dan delineasi bentuk medan; prosedur pengamatan dan pengukuran komponen geografi fisik (batuan, tanah, air, udara); prosedur penafsiran dan penyajian hasil pengukuran.
Referensi :
A. Strahler and A. Strahler. Laboratory Manual for Physical Geography. 2004. John Wiley & Sons.
Download
Kode: SCGE601005 (3 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menganalisis gejala keruangan kehidupan manusia dan interaksinya dengan alam
Pokok Bahasan :
Lingkup dan kedudukan geografi manusia; prinsip dasar dan konsep penting geografi manusia; tradisi dan pendekatan utama; faktor manusia sebagai pembentuk gejala geografis; pola dan wujud interaksi manusia-lingkungan; variasi spasial perkembangan dan bentuk kehidupan manusia; perilaku keruangan dan ruang subjektif; adaptasi keruangan; penerapan geografi manusia.
Referensi :
Download
Kode: SCGE601002 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menelaah kebutuhan dan kesesuaian penerapan metode geografi yang menekan pada aspek pengumpulan dan penyajian data geografis.
Pokok Bahasan :
Pengantar prosedur ilmiah; pengertian metode dan metodologi; prosedur dan lingkup kerja ilmiah geografi; jenis dan sumber data geografis; geomer dan unit analisis spasial; peta dan informasi geografis; metode survei dan observasi lapang; metode sampling; metode wawancara dan penyusunan kuesioner; metode pengolahan data; klasifikasi dan ketegorisasi keruangan; metode penyajian data (peta, grafik, bagan, matriks, dsb).
Referensi :
Download
Kode: SCGE601011 (4 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu merumuskan pendapat berdasarkan fakta dan teori geografis.
Tujuan :
Menafsirkan gejala geografi fisik berdasarkan proses-proses sistemik yang melatari pembentukannya.
Pokok Bahasan :
Sistem fisik permukaan bumi; faktor pengendali proses pembentukan muka bumi; proses geologis, klimatologis, dan fluvial; bentukan struktural; bentukan hasil pelapukan, pengikisan, dan pengendapan; dinamika dan proses geografi fisik wilayah tropis; bentuk lahan dan ciri utamanya.
Referensi :
Download
Kode: SCGE601012 (1 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menelaah kesesuaian data dan metode geografi untuk kajian geografi fisik.
Pokok Bahasan :
Pengamatan dan pengukuran proses geologis klimatologis, dan fluvial; identifikasi bentukan struktural; identifikasi hasil pelapukan, pengikisan, dan pengendapan; pengolahan data iklim; identifikasi DAS dan ordo sungai; identifikasi bentuk lahan.
Referensi :
Download
Kode: SCGE601006 (3 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menganalisis gejala geografis menggunakan statistik geografi.
Pokok Bahasan :
Manfaat analisis statistik dalam geografi dan bidang terkait; lingkup dan ciri statistik geografi; konsep keterkaitan dan kausalitas keruangan; pemilihan variabel; sifat data kuantitatif geografis; statistik deskriptif dan inferensia; metode statistik dengan multivariabel dalam kasus geografis; penyusunan hipotesis; korelasi spasial dan auto-korelasi; beberapa uji statistik parametrik dan non-parametrik (seperti analisis varians, regresi, logistik, chi-square, dan faktor); metode analisis spasial untuk studi variasi, distribusi, jaringan, dan stokastik; integrasi statistik geografi dan Sistem Informasi Geografis.
Referensi :
Download
Kode: SCGE601008 (1 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menelaah penerapan metode pengumpulan, pengolahan, dan analisis data kuantitatif menggunakan statistik dalam penelitian geografi.
Pokok Bahasan :
Studi kasus metode statistik geografi; pemrosesan data kuantitatif menggunakan kombinasi perangkat lunak statistik dan pemetaan; penyiapan dan pengolahan data untuk analisis spasial; aplikasi metode statistik geografi yang sesuai; praktek uji hipotesis; praktek analisis keterkaitan dan kausalitas; interpretasi spasial terhadap output.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602016 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menelaah penerapan konsep dasar dan metode interpretasi citra digital untuk mengidentifikasi karakteristik permukaan bumi.
Pokok Bahasan :
Dasar-dasar fisika untuk penginderaan jauh; sistem dan prosedur penginderaan jauh; sumber dan jenis data; platform sensor satelit; pengenalan citra; dasar-dasar pengolahan citra; metode interpretasi dan klasifikasi citra; metode uji presisi; dan penerapan penginderaan jauh untuk identifikasi vegetasi, tutupan lahan, dan badan air.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602017 (1 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menerapkan program aplikasi dan instrumen interpretasi citra digital sesuai dengan prinsip dasar penginderaan jauh untuk menghasilkan informasi spasial.
Pokok Bahasan :
Keterampilan praktis dalam program aplikasi penginderaan jauh (PJ) untuk pengolahan citra digital, peningkatan kualitas citra, estimasi kesalahan pengolahan, pengelompokan data, analisis cluster, penggunaan metode klasifikasi, interpretasi citra, pengujian akurasi, dan presentasi hasil akhir.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602028 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menilai kondisi dan permasalahan bentang lahan pada berbagai karakteristik permukaan bumi berlandaskan perspektif spasial-ekologis.
Pokok Bahasan :
Sistem dan proses ekologi (interaksi organisme, aliran energi, dan kompetisi), kelimpahan dan keanekaragaman, relasi spasial-fungsional komponen abiotik dan biotik, komponen ekologis dan ciri umum bentang alam tropis; tipe bentang alam tropis (hutan tropis, karst, mangrove, pantai pasir, rawa, gambut, volkan, dll); proses-proses lingkungan fisik pada bentang alam; pengaruh manusia (sosial, ekonomi, dan budaya) pada lingkungan bentang alam; dinamika ekologi bentang lahan dalam perubahan waktu; fenomena dan permasalahan bentang alam.
Referensi :
Kode: SCGE602003 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Merumuskan permasalahan geografi ke dalam suatu rancangan penelitian.
Pokok Bahasan :
Lingkup dan syarat kerja lapang 1; penyusunan target dan rencana kerja lapang; penyiapan dan pemanfaatan peta kerja; penyiapan data pra-survei; penetapan kriteria sumber data/informasi; penyusunan instrumen pengumpulan data; praktek pengumpulan data lapang; pengolahan dan analisis data; identifikasi variasi dan distribusi keruangan; presentasi dan pelaporan.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602018 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menilai model analisis spasial sederhana berbasis teknologi SIG yang mengarah pada evaluasi model.
Pokok Bahasan :
Esensi dan cakupan Sistem Informasi Geografis (SIG); pengenalan basis geodata; struktur data spasial; inventarisasi data; tautan data tabular dan spasial; geoprosessing; korelasi data; pemodelan data; kompilasi dan overlay matriks; data query secara spasial dan tabular; representasi dan visualisasi spasial; penerapan SIG untuk analisis geografi.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602019 (1 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Membuat dasar model spasial sederhana berbasis SIG sesuai dengan prosedur evaluasi model.
Pokok Bahasan :
Pengenalan aplikasi SIG untuk analisis tingkat dasar, input dan manajemen data, analisis query untuk data spasial dan non-spasial, overlay matriks, analisis jaringan, dan analisis tiga dimensi.
Referensi :
Download
Kode: SCGE601005 (4 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menafsirkan pola dan bentuk organisasi spasial aktivitas manusia sebagai hasil dari interaksi manusia dan lingkungan.
Pokok Bahasan :
Ruang sebagai sebuah sistem yang dinamis dan terbuk; pengertian organisasi keruangan dalam geografi manusia; human proses serta pola-pola keruangan dihasilkannya; faktor pembentuk organisasi keruangan; teori-teori organisasi keruangan, organisasi keruangan masyarakat rural dan urban; dampak perubahan sistem nilai; pengaruh perkembangan teknologi; perkembangan pertanian, industrialisasi, urbanisasi, dan perubahan gaya hidup; kepekaan, identitas dan komodifikasi tempat; teritori dan teritorialisasi.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602012 (4 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menelaah kesesuaian data dan metode geografi untuk kajian geografi manusia.
Pokok Bahasan :
Pengumpulan data primer dan sekunder aktivitas manusia (data statistik, observasi lapang, studi literatur, dll); identifikasi pola keruangan aktivitas manusia, adaptasi lingkungan; komponen pembentuk organisasi keruangan (interaksi spasial); praktek metode visualisasi spasial aktivitas manusia; delineasi hirarki spasial; delineasi ruang sosial.
Referensi :
Download
Kode: SCGE601011 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menafsirkan dinamika komponen hidrologi serta permasalahan sumber daya air secara spasial pada skala lokal hingga global
Pokok Bahasan :
Konsep dan ruang lingkup hidrogeografi; karakteristik spasial sistem hidrologi; komponen hidrogeografi (evapotranspirasi, curah hujan, dan limpasan); pengaruh faktor fisik dan manusia terhadap neraca air; perubahan spasial dan temporal dalam penyimpanan air; analisis perilaku aliran air; analisis ketersediaan air.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602004 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mensintesis keterkaitan spasial manusia-lingkungan pada wilayah dan topik penelitian spesifik.
Pokok Bahasan :
Lingkup dan syarat kerja lapang 2; penyusunan proposal riset lapang; telaah kemungkinan penerapan pendekatan regional; identifikasi dan konfirmasi masalah penelitian; studi literatur; analisis data sekunder; praktek survei lapang; sintesa regional; penarikan kesimpulan; penyajian informasi spasial, presentasi dan pelaporan.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602001 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu menilai permasalahan sumberdaya kehidupan berdasarkan prosedur kerja geografis.
Tujuan :
Merumuskan permasalahan geografi ke dalam suatu rancangan penelitian.
Pokok Bahasan :
Syarat dan kriteria rancangan penelitian; sumber dan keaslian gagasan penelitian; ciri penelitian geografis dan keterkaitan dengan disiplin lain; desain (model) penelitian geografis; pelingkupan masalah geografis dan perumusan pertanyaan penelitian; ragam pendekatan ilmiah geografi; peranan teori dan penelitian terdahulu (state of the art); peta sebagai instrumen dan hasil penelitian; pertimbangan pemilihan metode; penarikan kesimpulan (dalil) geografis.
Referensi :
Download
Kode: SCGE604030 (3 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu merumuskan model/sintesa keruangan
Tujuan :
Mensintesis kebijakan dan kinerja pembangunan wilayah dengan memanfatkan teori-teori pembangunan sesuai prinsip disiplin geografi
Pokok Bahasan :
Esensi pembangunan wilayah dalam konteks geografi dan disiplin ilmu lain yang terkait; teori-teori pembangunan wilayah; indikator pembangunan wilayah; penerapan pendekatan regional dan ekologis dalam pembangunan wilayah; ruang lingkup dan karakteristik masalah pembangunan wilayah di Indonesia dan negara berkembang; implikasi sistem keruangan dan kebijakan nasional terhadap kinerja pembangunan wilayah; pendekatan spasial untuk strategi dan evaluasi pembangunan wilayah di Indonesia pada berbagai skala spasial.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602014 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mengarahkan kesesuaian penerapan ilmu geografi dengan etika ilmiah, profesi, lingkungan, dan sosial.
Pokok Bahasan :
Profesi dan profesionalisme; konsep tanggung jawab; dimensi etika dan moral dalam praktek keilmuan; perilaku ilmiah; etika sosial dan lingkungan; dilema dan persoalan etika dalam kemajuan teknologi; tuntutan profesionalisme dalam geografi; wawasan geografi dan ekologi sebagai sumber etika; lingkup dan kriteria geografi profesional; evaluasi diri profesionalisme; profesionalisme dan pengambilan keputusan.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602029 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menilai pengaruh dinamika iklim regional terhadap variasi bentuk, pola, dan kualitas kehidupan.
Pokok Bahasan :
Variasi dan dinamika spasial-temporal unsur-unsur iklim; konsep iklim regional; klasifikasi iklim; iklim makro dan mikro; penyebab dan konsekuensi perubahan iklim; pergeseran musim; iklim sebagai pembentuk kehidupan; iklim dan tingkat kesejahteraan; iklim dan pola pertanian; iklim dan kesehatan; bencana akibat iklim (banjir, kekeringan, dll).
Referensi :
Download
Kode: SCGE602031 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menafsirkan proses-proses keruangan dalam suatu sistem ekonomi tertentu sesuai dengan karakteristik wilayah
Pokok Bahasan :
Elemen spasial sistem ekonomi; pengaruh faktor lokasi terhadap mekanisme ekonomi; keterkaitan dan ketergantungan antar kegiatan ekonomi dalam konteks spasial; penerapan teori ekonomi spasial; keuntungan komparatif dan kompetitif; spesialisasi dan perdagangan antar wilayah; dinamika ekonomi pada skala ruang makro, messo dan mikro; variasi spasial ekonomi perkotaan dan pedesaan; interpretasi penggunaan lahan untuk lanskap ekonomi regional.
Referensi :
Download
Kode: SCGE604031 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu merumuskan model/sintesa keruangan
Tujuan :
Merancang simulasi dan membuat model SIG sesuai tujuan dan kebutuhan aplikasi analisis spasial.
Pokok Bahasan :
Ciri dan jenis model spasial; tujuan simulasi dan pemodelan spasial; definisi model dalam aplikasi SIG; model data dan model representasi dalam konteks spasial; jenis model simulasi spasial; simulasi pola dan proses keruangan; logika pemodelan; identifikasi dan spesifikasi persyaratan model; kriteria dan prosedur pemodelan SIG; kalibrasi dan verifikasi; aplikasi pemodelan spasial.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602013 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menilai permasalahan penggunaan dan ketersediaan lahan secara spasial sesuai dengan karakteristik wilayah.
Pokok Bahasan :
Dimensi keruangan lahan; esensi lahan untuk kehidupan/pembangunan; peranan faktor alam, mekanisme pasar, sosial budaya, dan kebijakan pemerintah; jenis/klasifikasi penggunaan lahan urban dan rural; keterkaitan antara faktor fisik dan human; pola dan proses keruangan perubahan penggunaan lahan serta faktor pendorongnya; penggunaan lahan sebagai cermin pola, kualitas, dan tingkat kehidupan; lahan sebagai komoditas ekonomi, politik, dan sosial; lahan dan pembangunan; pola penggunaan lahan dan perubahannya sebagai cermin pola dan dinamika kehidupan.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602030 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menilai pola dan proses spasial perkembangan urban dan pengaruhnya pada lingkungan fisik, ekonomi, dan sosial budaya
Pokok Bahasan :
Ciri dan sifat dasar kota; tahap pertumbuhan kota; urbanisasi dan urbanisme; dimensi sosial budaya, ekonomi dan lingkungan dari proses perkotaan; dinamika struktur internal kota; peran kota dalam pembangunan wilayah; evolusi spasial sistem perkotaan; kota global dan kota berkelanjutan; dan strategi pembangunan perkotaan
Referensi :
Download
Kode: SCGE602005 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menganalisis gejala geografis menggunakan metode kualitatif.
Pokok Bahasan :
Jenis dan ruang lingkup penelitian kualitatif; karakteristik metode kualitatif dalam penelitian geografis; sifat data kualitatif; sumber data kualitatif; desain survei kualitatif; kriteria informan kunci; teknik pengumpulan data kualitatif; triangulasi prosedur; analisis dan kategorisasi data kualitatif; metode interpretasi; proses induktif; pelaporan dan presentasi penelitian kualitatif.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602006 (1 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menelaah penerapan metode pengumpulan, pengolahan, dan analisis data kualitatif dalam penelitian geografi.
Pokok Bahasan :
Keterampilan praktis metode kualitatif untuk studi geografi; pengumpulan data (observasi partisipatif, pemilihan informan kunci, wawancara mendalam, peta mental); pengolahan dan analisis data; triangulasi data; teknik pengkodean; kategorisasi data berdasarkan tema dan kasus; interpretasi data (ruang perseptual, makna simbolik, dll), penulisan laporan.
Referensi :
Download
Kode: SCGE604029 (4 sks)
Capaian Pembelajaran :
Mampu merumuskan model/sintesa keruangan
Tujuan :
Melakukan sintesis regional terhadap variasi pemanfaatan dan permasalahan sumberdaya kehidupan di Kepulauan Indonesia
Pokok Bahasan :
Karakteristik wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan tropis; administrasi dan pemerintahan; sejarah pembentukan kepulauan; implikasi letak dan bentuk kepulauan; iklim regional Indonesia; variasi fisiografi wilayah; distribusi dan keadaan sumberdaya alam; perkembangan kehidupan; pola pemanfaatan sumber daya alam dalam arti luas (pertanian, industri pertambangan, dll); penerapan prinsip geografi wilayah untuk mensintesis hubungan antara manusia dan lingkungan; keunikan tempat di Indonesia.
Referensi :
Download
Kode: SCGE604007 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Merancang penyajian dan argumentasi tentang penerapan gagasan geografis pada suatu permasalahan sumber kehidupan
Pokok Bahasan :
Gagasan tugas akhir; presentasi lisan dan visual; teknik presentasi yang efektif; penyusunan garis besar materi presentasi; visualisasi data dan informasi geografis: komunikasi berbasis peta; logika dan argumentasi sistematis; dan etika dalam diskusi ilmiah.
Referensi :
Download
Kode: SCGE602032 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menilai pola dan problematika kualitas kehidupan penduduk dan keterkaitannya dengan variasi mobilitas penduduk pada berbagai karakteristik wilayah
Pokok Bahasan :
Konsep dasar kualitas hidup penduduk; berbagai indikator kualitas hidup; dimensi spasial kualitas hidup; pendekatan, teknik analisis, dan parameter demografi-spasial dalam kajian kualitas hidup; tekanan penduduk; relasi antara kualitas hidup dan mobilitas penduduk; teori mobilitas penduduk; jenis dan pola spasial mobilitas penduduk; migrasi desa-kota dan komuter perkotaan; pekerja migran dan remitens.
Referensi :
Download
Kode: SCGE603701 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menganalisis bentuk-bentuk, pola, dan proses persebaran kehidupan tumbuhan dan hewan dalam kaitannya dengan kehidupan manusia pada berbagai kondisi tempat.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603703 (3 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Bila mahasiswa diberikan peta topografi, peta geologi, peta penggunaan lahan, citra satelit dan data hidrologi, maka mahaasiswa mampu menganalisa variasi spasial proses fluvial yang terjadi di suatu Daerah Aliran Sungai.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603704 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu memahami dasar-dasar penilaian sumberdaya lahan dan manajemen konservasi tanah atas dasar besaran prediksi erosi., serta dapat menggunakannya untuk mensintesis dan mengevaluasi sumberdaya lahan secara spasial dan temporal serta mengemasnya secara efektif dan relevan dalam bentuk verbal dan tekstual
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603709 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menerapkan konsep klimatologi perkotaan untuk menjelaskan fenomena iklim perkotaan dan lebih lanjut dapat menganalisis variasi spasial dan temporal yang terjadi berdasarkan perspektif geografi
Pokok Bahasan :
Referensi :
Helmut E. Landsberg 1980): The Urban Climate. Inter. Geophysic Series Vol. 28. Academic Press. New York.
Musco (ed,) (2016): Counteracting Urban Heat Island Effects in a Global Climate Change Scenario. SpringerOpen
Journal “Urban Climate” Elsevier-Science Direct
Download
Kode: SCGE603710 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu memahami prinsip-prinsip dasar terjadinya berbagai bentuk pantai sebagai akibat adanya tenaga endogen dan eksogen serta interaksi antara unsur-unsur ruang muka bumi (atmosfer, biosfer, litosfer, antroposfer, hidrosfer) dan dapat mengidentifikasinya dari sketsa, peta, atau citra serta mampu menganalisis dan mensintesa kejadian tersebut dalam ruang dan waktu
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603711 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu memahami karakteristik dan sifat fisika-kimia lautan serta kaitannya dengan pola iklim, persebaran biota laut, bentuk pesisir, dan aplikasi dalam bidang kelautan, serta mampu menyajikan secara sistematis baik secara tertulis maupun lisan.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603712 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Menerapkan dan menganalisis konsep DAS sebagai sistem hidrologi.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603718 (3 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menjelaskan konsepsi perubahan iklim (PI), menganalisis fenomena perubahan iklim dan dampaknya secara spasial dan temporal terhadap kehidupan di muka bumi, serta kerentanan terhadap perubahan iklim.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603720 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menganalisis kebencanaan secara fisik (alam) maupun manusia secara sistematik dan spasial, dampak kebencanaan, serta perencanaan tata ruang wilayah sesuai kondisi kebencanaan wilayah
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603721 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menganalisis Risiko Bencana Alam dalam konteks fisik, sosial maupun ekonomi secara sistematik dan spasial, dampak kebencanaan, serta perencanaan tata ruang wilayah sesuai kondisi kebencanaan wilayah
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603722 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menjelaskan konsep dan prinsip pemodelan hidrometeorologis
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603723 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menganalisis konsep pesisir dan prinsip-prinsip pengelolaannya dalam kaitannya dengan faktor-faktor fisik, biota, dan sosial baik melalui pendekatan geografi regional maupun topikal
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603801 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menerapkan dan memahami konsep, melakukan serta menjelaskan teknologi Sistem Satelit Navigasi untuk berbagai bidang pemetaan, transportasi, ekonomi, dan bidang lainnya yang berkaitan dengan spasial. Mampu membedakan penggunaan Sistem Satelit untuk Navigasi dan Geodetik, serta aplikasinya dalam memahami fenomena geografi
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603803 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menganalisis fenomena keruangan dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh radar
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603804 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menganalisis objek menggunakan citra penginderaan jauh multispektral dan hiperspektral berdasarkan prinsip – prinsip dasar penginderaan jauh
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603805 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu merumuskan dan membuat manajemen basis data spasial dengan menggunakan perangkat lunak Sistem Informasi Geografis
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603809 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu memberikan dalam menilai dan menelaah yang berhubungan dengan pengukuran dan deskripsi dari fitur fisik samudera, laut, pesisir, danau dan sungai, serta dengan prediksi perubahan dari waktu ke waktu, dengan tujuan utama keselamatan navigasi dan mendukung semua kegiatan laut lainnya
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603811 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu merumuskan hasil pengumpulan data geospasial kewilayahan berdasar pada perencanaan yang tepat, metode yang sesuai dengan konsep survei mengolah data dengan berbagai teknik dan rumus sesuai dengan prinsip-prinsip perencanaan wilayah serta melakukan analisis data untuk kemudian menyusun menjadi suatu tulisan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603812 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu membangun sebuah aplikasi pemetaan berbasis web atau mobile dengan memperhatikan desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX)
Pokok Bahasan :
Referensi :
Fu, Pinde & Jiulin Sun. 2011. Web GIS: Principles and Applications. California: ESRI Press
Neumann A. (2016) Web Mapping and Web Cartography. In: Shekhar S., Xiong H., Zhou X. (eds) Encyclopedia of GIS. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-23519-6_1485-2
Robson, R & Eric Freeman. 2005. Head First HTML with CSS & XHTML. O’Reilly Media, Inc.
Fu, Pinde. Getting to Know Web GIS, fourth edition. 2020. ESRI Press
Harder. C. & Clint Brown. 2017. The ArcGIS Book: 10 Big Ideas about Applying The Science of Where. ESRI Press.
Duvander, A. 2010. Map Scripting 101: An Example-Driven Guide to Building Interactive Maps With Bing, Yahoo!, and Google Maps. San Francisco: No Starch Press, Inc.
W. Tang & J. Selwood, Connecting Our World: GIS Web Service. 2003. ESRI Press.
Download
Kode: SCGE603816 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu merumuskan dan membuat komputasi dan kustomisasi dengan Sistem Informasi Geografis. Bahasa pemograman yang digunakan adalah Python dalam platform Google Colab.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603819 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menerapkan dan menganalisis konsep suatu project pemetaan topografi/batimetri, persiapan lapangan, penentuan koordinat, azimuth awal, pengukuran lapangan, dan pemetaan batimetri, serta penggambaran topografi dan batimetri
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603820 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu memberikan penelaahan, analisis dan pemodelan yang berkaitan dengan survey, pemetaan dan penginderaan jauh (PJ) untuk perairan darat dan laut, interpretasi pesisir samudera, estuary, variasi kedalaman, dan kualitas air. Pemodelan PJ pada perairan
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603821 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu merancang implementasi metode penginderaan jauh dalam studi dinamika wilayah urban dan rural berbasis perangkat lunak dan cloud computing yang bersifat sederhana.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Kode: SCGE603822 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu merancang implementasi metode penginderaan jauh dalam studi dinamika iklim regional berbasis perangkat lunak dan cloud computing yang bersifat sederhana
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603823 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menelaah, menganalisis dan mensintesis aplikasi penginderaan jauh untuk kajian ekosistem lahan secara spasial dan temporal, melalui kajian spasial tentang ekosistem lanskap, teknologi PJ dan SIG untuk kajian spasial monitoring penutupan/penggunaan lahan, karakteristik vegetasi, ekosistem lingkungan pantai dan laut, lahan basah (wetland)/rawa, estuary, dan ekosistem danau/situ/waduk.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603901 (3 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menelaah keterkaitan antara manusia dan tempat
Pokok Bahasan :
Referensi :
Kode: SCGE603902 (3 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu untuk melakukan analisis kekuasaan, pengelolaan serta pengembangan pada ruang ekologis.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603907 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu menelaah dan menganalisis prinsip dasar dan analisis data sejarah secara keruangan, mengidentifikasi, memvalidasi, dan menilai/memaknai kebutuhan, manfaat dan kegunaan data geografi sejarah (dengan sudut pandang keruangan), sebagai bahan analisis spasial dan refleksi pemajuan kebudayaan
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603908 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mampu melakukan analisis terhadap proses dan pola keruangan penyakit serta pelayanan dan strategi perencanaan kesehatan berbasis kondisi fisik dan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603910 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Setelah mengikuti mata kuliah ini, Mahasiswa mampu untuk mengidentifikasi dan menganalisis persebaran dan dampak kegiatan industri sebagai bentuk gejala kehidupan manusia dan interaksinya dengan alam dalam menciptakan kehidupan dalam bidang industri yang produktif secara keruangan.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Bale, J., 1984. The location of manufacturing industry : an introduction approcah. Hongkong : Wing King Tong Co. Ltd.
Berry, B.J.L., E.C. Conkling, and D.M. Ray. 1997. The global economy in transition. New York : Prentice Hall International, Inc
Smith, D.M., 1981. Industrial location : an economic geographical analysis. Toronto : John Wiley & Sons
Andrew Leyshon and Nigel T. (1997). Money Space. Geograpies of Monetery Transformation. Routledge. London and New York
Download
Kode: SCGE603911 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mahasiswa mampu mengembangkan gagasan model transportasi berkelanjutan yang tepat sesuai dengan karakteristik wilayahnya
Pokok Bahasan :
Referensi :
Boyce, R.R. (ed). 1980. Geography as Spatial Interaction
Rodrigue,J-P; C. Comtois, B. Slack. 2013. The Geography of Transportation System. Routledge. New York.
Taaffe, E.J. H.L. Gauthier, M.E. O’Kelly. 2000. Geography of Transportation. Prentice Hall
Download
Kode: SCGE603913 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Mahasiswa mampu menyimpulkan dan memberikan penilaian tentang kegiatan pertanian yang terjadi di suatu lokasi berkait dengan kondisi kondisi Geografisnya. Termasuk membahas isu lingkungan , kebijakan pertanian, serta masyarakat sebagai pelaku kegiatan pertanian beserta aspek-aspek yang mempengaruhi terjadinya pola-pola tersebut di muka bumi
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603915 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis sumberdaya fisik (alam) maupun manusia secara sistematik dan spasial untuk kegiatan pariwisata, dampak aktivitas pariwisata, serta perencanaan pariwisata sesuai skala ruang.
Pokok Bahasan :
Konsep dan ruang lingkup Geografi pariwisata
Sistem spasial pariwisata
Sistem ekonomi pariwisata
Sumberdaya fisik untuk pariwisata
Unsur landeskap untuk pariwisata:
Referensi :
Tambahan:
Download
Kode: SCGE603917 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu untuk memadukan gejala mutakhir perkembangan perkotaan dan konsep kota masa depan dalam konteks pembangunan berkelanjutan.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Kode: SCGE603918 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu membuat model perilaku individu, komunitas dan masyarakat dalam berinteraksi dengan ruang dalam perspektif ruang fisik dan non fisik.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Golledge R.G. dan Stimson R.J., 1997. Spatial Behavior: A Geographic Perspective, The Guilford Press, New York
Scharmer, Otto, dan Katrin Kaufer, 2013. Leading From The Emerging Future; Applying Theory U to Transforming Business, Society, and Self. Berrett Koehler Publishers, San Francisco
Senge, Peter, 2006. The Fifth Discipline; The Art & Practice of the Learning Organization, Currency Doubleday, New York
Vietor, H.K. Richard, 2007. How Countries Compete, Strategy, Structure, and Government in the Global Economy, Harvard Business School, Boston
Download
Kode: SCGE603920 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Kode: SCGE603921 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Setelah mengikuti mata kuliah ini, Mahasiswa akan dapat merancang dan merencanakan kegiatan inovasi dan kreativitas lokal pada wilayah perkotaan (C6)
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603922 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Setelah menempuh mata kuliah Teritorialisasi dan kontestasi SDA, Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis pengaruh muka bumi terhadapa kehidupan manusia secara spasial di wilayah tropis dan mampu menganalisis pola adaptasi penduduk kepulauan tropis terhadap perubahan lingkungan dan perkembangan teknologi.
Pokok Bahasan :
Referensi :
Download
Kode: SCGE603923 (2 sks)
Capaian Pembelajaran :
Tujuan :
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menilai penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan secara spasial berdasarkan konsep-konsep politik ekologi
Pokok Bahasan :
Referensi :
Zimmerer, Karl S. and Bassett, Thomas J. 2003. Political Ecology: An Integrative Approach to Geography and Environment-Development Studies. The Guilford Press: New York.
Robbins P. 2004. Political Ecology: Critical Introductions to Geography. Blackwell Publishing: Oxford University.
Balasubramanian, A. 2013. Ecology and Geography. University of Mysore: India.
Bryant. L. Raymon & Sinead, Bailey. 2000. Third World Political Ecology. Routledge: London.
Forsyth, T. 2003. Critical Political Ecology: The Politics of Environmental Science. Routledge: London.
Download
Kode: SCGE603924 (2 sks)