Geografi UI Bekerjasama dengan BIG dan Majalah Gatra

By taqy On Jumat, November 16 th, 2012 · tidak ada komentar · In ,

Geografi UI Bekerjasama dengan BIG dan Majalah Gatra

Logo Badan Informasi Geospasial.png

Pada hari Selasa (13/11/2012), Arko, Kiki, Hafid, dan beberapa  rekan muda PPGT berkesempatan bertemu dengan Dr. Asep Karsidi selaku Kepala Badan Informasi Geospasial.  Dalam pertemuan tersebut, kami mengajak juga tim dari Majalah Mingguan GATRA.  Tujuan utama dari pertemuan tersebut adalah menawarkan suatu gagasan kepada pihak BIG untuk menyusun semacam indikator pembangunan nasional yang kami sebut dengan “spatial status”.  Hal ini kami anggap penting karena selama ini segala keputusan pembangunan di Indonesia hampir selalu dilandasi oleh “statistical status” yang notebene bersifat a-spasial.
Mengingat penyusunan “spatial status” merupakan pekerjaan yang tidak mudah, maka pada langkah awal akan disusun terlebih dahulu suatu publikasi tahunan yang kami sebut dengan “spatial outlook”. Dalam rancangan kami, proses konversi dari “spatial outlook‘ ke “spatial status” akan memakan waktu 2-3 tahun. Jadi jika pada tahun 2012 ini dimulai, maka paling cepat pada tahun 2014 “spatial status” akan bisa diluncurkan.
Dr. Asep Karsidi  sangat antusias menyambut gagasan yang kami tawarkan.  Salah satu sebabnya adalah karena ada permintaan dari presiden kepada BIG untuk men’spasial’kan data-data statistik. Untuk merealisasika keinginan tersebut maka kerjasama ini akan segera di koordinasikan. Untuk itu beliau berharap “spatial outlook” tersebut dapat dipublikasikan per 3 bulan. Adapun usulan “spatial outlook” tersebut  dalam bentuk newsletter.
Singkat kata, setelah diskusi cukup lama akhirnya didapat kesepakatan bahwa terbitan pertama dari ‘spatial outlook” akan di launching pada bulan Maret 2013 bersamaan dengan pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Bappenas. Terbitan pertama ini akan diwujudkan dalam bentuk Edisi Khusus oleh Majalah GATRA dan akan dibagikan kepada seluruh peserta Musrenbangnas mulai dari presiden hingga bupati/walikota.
“Spatial outlook” ini akan disajikan dalam bahasa populer yang proses editingnya tanggung jawab tim GATRA. Sementara itu, Tim Geografi UI bertanggung jawab dalam hal konsep dan substansi. Sementara BIG akan menjadi supporter baik anggaran dan jaringan publikasinya.
Sebagai pemanasan, pada bulan Desember 2012 ini akan dipublikasikan bentuk pendahuluan dari “spatial outlook” dalam wujud suplemen (advertorial) dalam Majalah GATRA.  Jadi, mulai awal Desember 2012 tim kerja yang telah dibentuk oleh PPGT akan memulai. Sebagai informasi, tim kerja tersebut merupakan gabungan antara asisten dosen/asisten peneliti dan beberapa rekan alumni.
Selain tim kerja juga ada tim konseptor yang sekaligus dapat bertindak sebagai editor atau kontributor Pakar dari Geografi UI dan dari Geografi UGM  serta  pakar dari BIG,  tentu saja masih terbuka untuk yang lain yang bersedia bergabung.

Tentang

Admin Taqyuddin

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian