Profil dan Kompetensi Lulusan

Visi

Menjadi pusat unggulan dan rujukan serta mampu berkontribusi di tingkat nasional, regional dan internasional dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dalam bidang Ilmu Geografi

Misi

Misi Program Magister Ilmu Geografi adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu geografi di tingkat magister yang berbasis kompetensi dan riset untuk menghasilkan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur dan mampu bersaing secara nasional, regional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan riset dan pengembangan ilmu geografi di tingkat magister untuk menghasilkan inovasi dan solusi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian atau terapan ilmu geografi di tingkat magister untuk memberikan kontribusi dan berperan aktif dalam peningkatan kapasitas masyarakat.

Tujuan pendidikan

Sejalan dengan visi/misi di atas, penyelenggaraan kegiatan pendidikan,penelitian, dan pengabdian masyarakat ditujukan untuk:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang geografi bagi kesejahteraan masyarakat.
  2. Bersikap profesional dan berorientasi ke masa depan dalam kerangka pengembangan ilmu Geografi untuk memberikan kontribusi nyata membangun UI sebagai universitas riset.

Profil Lulusan

Proses pendidikan pada Program Studi Sarjana Departemen Geografi FMIPA UI dirancangan dan dilaksanakan untuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai berikut:

“Magister Sains yang memiliki kemampuan analisis dan sintesis gejala di muka  bumi secara holistik serta pengembangan wilayah berdasarkan karakteristik fisik muka bumi, sosial-ekonomi dan budayanya, dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan metode geografi berbasis teknologi SIG dan PJ”

Kompetensi lulusan

1.  Kompetensi Utama

Magister Sains bidang Geografi yang mampu mengembangkan (C6) model/sintesis keruangan berbasis teknologi informasi spasial untuk pengambilan keputusan dalam pengelolaan sumberdaya kehidupan berkelanjutan melalui pendekatan multi/interdisiplin

2. Kompetensi Penunjang

  1. Mampu memvalidasi (C5) data dan informasi geografis secara menyeluruh.
  2. Mampu menilai (C5) permasalahan sumberdaya kehidupan berdasarkan prosedur kerja geografis secara menyeluruh.
  3. Mampu menilai (C5) dalam pengembangan aplikasi SIG dan PJ yang inovatif dalam bidang terapan tertentu
  4. Mampu menafsirkan (C5) hubungan antara alam-manusia berdasarkan perspektif keruangan secara menyeluruh
  5. Mampu memproyeksikan (C5) gejala geografis secara spasial.
  6. Mampu merumuskan (C6) pendapat dan kesimpulan tentang permasalahan sumberdaya kehidupan berdasarkan fakta dan teori geografis
  7. Mampu merumuskan (C6) penafsiran geografis atas suatu permasalahan pembangunan berkelanjutan yang terkait dengan proses dan sistem keruangan
  8. Mampu membuat (C6) model berdasarkan sintesa keruangan.
  9. Mampu menunjukkan sikap (A5) profesionalisme dalam melaksanakan pengajaran, penelitian, serta menganalisis dalam menafsirkan data geografi secara mandiri dengan menggunakan kaidah penelitian ilmiah di bidang ilmu geografi
id_IDIndonesian