Kurikulum

Kurikulum Tahun 2020 Program Studi Magister Ilmu Geografi FMIPA UI, terdiri atas beberapa jalur, yaitu:

  1. Jalur Studi Kasus, merupakan pembelajaran secara perkuliahan tatap muka langsung dan atau dengan pembelajaran jarak jauh ditambah keluaran hasil laporan studi kasus di suatu institusi atau sejenisnya melalui MK terstruktur.
  2. Jalur Proyek Akhir, merupakan pembelajaran secara perkuliahan tatap muka langsung dan atau dengan pembelajaran jarak jauh ditambah dengan keluaran hasil proyek akhir dan makalah (paper) yang harus dipublikasikan melalui MK terstruktur.
  3. Jalur Riset, merupakan pembelajaran langsung dengan penelitian dimulai di semester pertama.

Ketiga jalur tersebut bisa ditempuh minimal 3 semester berjalan dengan 36-44 SKS. Selain ketiga jalur tersebut Program Studi Magister Ilmu Geografi FMIPA UI membuka:

  1. Mobilitas internasional, dimana mengambil MK terstruktur atau jalur riset sebanyak 24 SKS, kemudian overseas di PT yang rangking dunianya lebih baik dari UI dengan 4-8 SKS dan pembuatan laporan akhir atau tesis 4-8 SKS.
  2. Jalur Fast-Track S1 ke S2. Mengambil semua inti/wajib S1 sebanyak 100 SKS, mengambil semua sks mata kuliah di program magister (S2) sebanyak 36 SKS (semuanya), kemudian ditambah 8 SKS, mata kuliah pilihan peminatan atau di luar program studi di S2.

 

Kurikulum Jalur Studi Kasus

Kurikulum Jalur Proyek Akhir

Kurikulum Jalur Riset

Kurikulum Mobilitas Internasional

id_IDIndonesian