Software

Universitas Indonesia via DSTI UI telah melanggan aplikasi Microsoft Office 365 untuk dapat digunakan oleh para sivitas akademika UI (mahasiswa, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan). Aplikasi Office 365 ini berupa paket, yang terdiri dari banyak aplikasi produktifitas (list lengkap ada di www.office.com/apps). Moda penggunaan tersedia dalam dua pilihan, yaitu versi online dan versi offline (standalone). Silakan menuju link office365.ui.ac.id untuk mengakses aplikasi Office 365 ini dengan menggunakan akun SSO UI anda. Jika terdapat permasalahan pada saat instalasi, silakan menghubungi DSTI UI (info ada di dsti.ui.ac.id).

 

 

Sejak tahun 2013, Departemen Geografi FMIPA UI telah menjalin kerjasama dengan PT. ESRI Indonesia yang merupakan representasi dari ESRI Inc., sebuah perusahaan penyedia software berlisensi untuk pengolahan data spasial yang dikenal dengan nama ArcGIS. Pada tahun 2020, kerjasama ditingkatkan dari yang awalnya departemental menjadi institusional pada tingkat universitas dengan Nota Kesepakatan Bersama Nomor 049/ESRI-EDU/MoU/2020 dan 75/NKB/R/UI/2020. Sehingga setiap civitas akademika Universitas Indonesia dapat mendapatkan kesempatan yang sama dalam mendapatkan berbagai program dan layanan yang diberikan oleh PT. ESRI Indonesia, termasuk dalam mendapatkan software berlisensi dari ESRI.

Bagi civitas akademika UI yang berminat mengakses lisensi tersebut, harap mengisi aplikasi berikut ini : http://bit.ly/arcgispro-ui

Universitas Indonesia via DPASDP UI telah melanggan aplikasi SPSS dan Matlab dalam bentuk lisensi perpetual (berlaku selamanya dan tanpa perlu perpanjangan langganan). Aplikasi ini menggunakan skema penggunaan network-concurrent-usage, yaitu aplikasi dapat digunakan sepanjang terhubung dengan jaringan kampus UI dan jumlah total pengguna dalam satu waktu belum terlampaui kuotanya. Kuota yang disediakan adalah:

Ketentuan Pemakaian:

  1. Aplikasi hanya boleh dipakai di lingkungan Universitas Indonesia dan hanya untuk keperluan pengajaran saja. Penggunaan untuk keperluan penelitian tidak diperkenankan.
  2. Aplikasi menggunakan sistem otentikasi ke server. Komputer pengguna harus terhubung ke jaringan UI selama menggunakan Aplikasi. SPSS yang telah terotentikasi ditandai dengan tulisan “SPSS Processor Available” yang muncul pada bagian bawah aplikasi.
  3. Gunakan aplikasi secara seperlunya. Selama aplikasi terbuka, maka hak penggunaan masih menempel pada anda. Segera tutup SPSS jika telah selesai menggunakan untuk memberikan kesempatan kepada yang lain untuk menggunakannya.
  4. Jika tulisan “SPSS Processor Available” tidak muncul artinya otentikasi gagal. Ini bisa disebabkan setelan jaringan yang masih belum betul, atau jatah kuota yang telah melebihi maksimum pengguna dalam satu waktu. Pengguna dapat memastikan setelan jaringannya. Jika jaringan oke, berarti kuota sedang habis. Pengguna dapat mencoba lagi di saat berikutnya.
id_IDIndonesian