Laboratorium

Laboratorium Pengolahan Data Spasial

Laboratorium Pengolahan Data Spasial merupakan laboratorium yang diperuntukkan untuk mata kuliah praktikum seperti Praktikum Sistem Informasi Geografis, Praktikum Penginderaan Jauh, Survei dan Pemetaan, Kartografi Dijital, Aplikasi Sistem Informasi Geografis, Perancangan WEB GIS, dan Penginderaan Jauh Radar.

Laboratorium ini juga digunakan untuk pelatihan yang diadakan oleh Departemen Geografi dan berbagai lembaga yang bekerja sama, seperti LPEM FEB UI, ESRI Indonesia, Open Street Map, dll.

Laboratorium Geografi Fisik

Laboratorium Geografi Fisik terdiri dari laboratorium geologi, geomorfologi, hidrologi, dan tanah. Di lab ini terdapat beberapa jenis peralatan yang digunakan untuk melakukan survei geologi yaitu palu geologi, kompas geologi, mikroskop, pembanding batuan, skala butir Wentworth, altimeter, dan hagameter. Fasilitas yang ada di laboratorium batuan ini dikelola oleh dosen dan mahasiswa. Saat ini terdapat sekitar 100 koleksi batuan di Lab Geologi. Koleksi kami sebagian besar terdiri dari batuan beku, batuan metamorf, dan batuan sedimen yang bersumber dari berbagai daerah, terutama di daerah Sukabumi dan Kebumen. Kami berencana untuk menambah dan mengidentifikasi batuan lain dari daerah Karangsambung dalam koleksi kami. Ini akan dicapai dari penelitian eksplorasi siswa kami dan kontribusi dari pihak lain.

Laboratorium Komputasi

Laboratorium Komputer Lantai 3 merupakan salah satu fasilitas penunjang mahasiswa di Geografi pada ruang H.301. Fasilitas di Lab ini dikelola dan digunakan oleh Dosen dan Mahasiswa. Di Lab ini terdapat 25 Set Perangkat Komputer dengan spesifikasi OS Windows 8, Prosesor Intel i5, RAM 4GB, HDD 1 TB, dan Monitor 16 inci, dan semua perangkat telah terhubung ke jaringan LAN dan Wifi. Dengan spesifikasi tersebut, laboratorium ini digunakan sebagai pengolahan data yang relatif ringan di UPGeo. Beberapa software yang kami gunakan pada praktikum ini adalah Microsoft Excel, SPSS, dan R. Kedepannya kami ingin mengembangkan penggunaan lab ini selain untuk kegiatan perkuliahan, tetapi juga dapat digunakan oleh pihak luar sebagai lab untuk mengolah data kuantitatif dari hasil penelitian.

id_IDIndonesian