Visi, Misi dan Tujuan

I. PENDAHULUAN

Pada awalnya, Departemen Geografi dikenal dengan nama Jurusan Geografi. Jurusan Geografi didirikan pada tanggal 28 Nopember 1959 dengan tujuan untuk mendukung penyediaan tenaga-tenaga ahli dalam pembuatan dan analisis peta bagi keperluan militer. Pelopor pendirian Jurusan Geografi ini adalah Jenderal TNI Gatot Subroto. Pada masa itu, Jurusan Geografi bernaung di FIPPA Universitas Padjadjaran dan kegiatan perkuliahannya menggunakan fasilitas Jawatan Topografi TNI-AD. Melalui Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No 79 tanggal 8 Oktober 1966, Jurusan Geografi dinyatakan berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia.

Seiring dengan pemberian status BHMN pada Universitas Indonesia (PP No 152 Tahun 2000 tanggal 26 Desember 2000), Jurusan Geografi FMIPA UI juga semakin dituntut untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat terutama melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penyediaan SDM yang berkualitas. Jurusan Geografi pun diubah namanya menjadi Departemen Geografi. Setelah lebih dari 30 tahun berkiprah dalam mengembangkan ilmu geografi di Indonesia, Departemen Geografi FMIPA UI menjadi salah satu motor penggerak bagi pengembangan dan penerapan ilmu geografi. Seiring dengan perkembangan masyarakat, Departemen Geografi FMIPA UI juga semakin dituntut untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat terutama melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penyediaan SDM yang berkualitas.

Hingga akhir tahun 2010, Program Sarjana Geografi telah menghasilkan lebih dari 800 sarjana. Para lulusan bekerja baik sebagai pegawai pemerintah maupun swasta yang berhubungan dengan pengetahuan kegeografian seperti konsultan perencanaan kota dan wilayah, konsultan lingkungan, pengkajian kependudukan, pelayanan Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh, dan lain-lain. Sejak tahun 1995, Departemen Geografi telah mengembangan kegiatan penelitian terapan yang dikoordinir oleh Pusat Penelitian Geografi Terapan (PPGT) atau Center for Applied Geography Research. Pusat ini telah berhasil menyelenggarakan beberapa penelitian, pelatihan dan pelayanan dalam berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui kerjasama dengan badan pemerintahan, perusahaan swasta dan juga beberapa lembaga internasional.

I.1 Visi

Departemen Geografi FMIPA UI menjadi pusat unggulan pendidikan dan penelitian berstandar internasional dalam bidang ilmu geografi guna memberikan kontribusi dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, baik di tingkat nasional maupun global.

I.2 Misi

Untuk mencapai arah pengembangan tersebut, Departemen Geografi FMIPA-UI mengemban misi untuk :
1. Mengembangkan dan menerapkan standar mutu yang tinggi dalam kegiatan pendidikan geografi
2. Menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki integritas dan kemampuan intelektual tinggi.
3. Mengembangkan kegiatan-kegiatan riset unggulan berbasis pendekatan keruangan yang didukung oleh penerapan teknologi informasi
4. Meningkatkan manfaat dan keuntungan penerapan ilmu geografi bagi kehidupan manusia dan lingkungan.
5. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dan kontribusi bagi pembangunan nasional melalui sikap yang profesional.

II. TUJUAN PENDIDIKAN

Kegiatan pendidikan dan penelitian di Departemen Geografi FMIPA UI diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Mampu menunjukkan integritas kepribadian yang handal,
a. berwawasan luas
b. bersikap jujur dan bersemangat tinggi
c. berani dan mampu menyampaikan, memperjuangan, dan menerapkan ide/gagasan
2. Mampu berpikir logis, sistematis, dan konsisten sebagai ciri utama seorang sarjana;
3. Mampu memahami dan menguasai penerapan pendekatan holistik dalam memahami dinamika alam dan masyarakat serta interaksi antara keduanya sebagai ciri utama pendekatan Ilmu Geografi;
4. Mampu memanfaatkan dan mengembangkan konsep, metode analisis, serta keterampilan teknis dalam bidang Ilmu Geografi sesuai dengan perkembangan jaman, baik bagi pengembangan Ilmu Geografi itu sendiri maupun bagi kepentingan masyarakat luas.