igi 2014

Prof. Dr. Hartono, DEA, DESS Ketua Umum (IGI) periode 2014-2018

SELAMAT Prof. Dr. Hartono, DEA, DESS. sebagai Ketua Umum Ikatan Geograf Indonesia (IGI) periode 2014-2018 Prof. Dr. Hartono, D.E.A., D.E.S.S More »

Titiek suparwati2

“One Map Policy untuk Indonesia” Titik Suparwati

“One Map Policy untuk Indonesia” Titiek Suparwati (Plt Kepala BIG), Pada acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) XVII dan Kongres Ikatan More »

bersama tim penguji dan pembimbing tesis Mas Kus

Selamat H. Kuswantoro Marko Lulus S2 di King Abdulaziz University Jeddah

Selamat H. Kuswantoro Marko., MSc. Lulus S2 di King Abdulaziz University Jeddah URBAN FLOOD HAZARDS MODELLING IN ARID ZONE (Case More »

batara goa dancer

Penganugerahan “Baksyacaraka” Kemenko Kesra RI 2014

 ANUGERAH BAKSYACARAKA 20141) (PENILAIAN, TAHAPAN, SUBSTANSI DAN TATACARA) KEMENKO KESRA RI      Pengarahan Kemenko Bidang Kesra disampaikan oleh Bapak More »

MPT2

Selamat DR. Mangapul Parlindungan Tambunan

ATAS NAMA PIMPINAN DAN CIVITAS AKADEMIKA DEPARTEMEN GEOGRAFI FMIPA UI  MENGUCAPKAN SELAMAT KEPADA  DR. MANGAPUL PARLINDUNGAN TAMBUNAN Bersama Para Dewan Penguji More »

bymas84

S2 Geografi Universitas Indonesia Mendapat Akreditasi (A) 2013

SELAMAT ATAS KEBERHASILAN PROGRAM MAGISTER GEOGRAFI FMIPA UNIVERSITAS INDONESIA MENDAPATKAN AKREDITASI  A (Januari,2014)   lampiran http://ban-pt.kemdiknas.go.id/hasil-pencarian.php More »

apec

APEC 7-8 Bali

 APEC, Bali 2013. “Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerima telepon dari Presiden Barrack Obama. Dalam pembicaraan telepon tersebut, Presiden Obama More »

IMGP0384

Simposium Sains Geoinformasi ke-III (25-26 /9/2013 UGM)

Bapak/Ibu anggota milis yth., Kami mengundang kehadiran Bapak/Ibu dalam Simposium Sains Geoinformasi ke-III: diselenggarakan oleh PUSPICS Fakultas Geografi UGM/S2 Penginderaan More »

triarko

Selamat atas teraihnya gelar pendidikan tertinggi Dr. Triarko Nurlambang

ATAS NAMA PIMPINAN DAN CIVITAS AKADEMIKA DEPARTEMEN GEOGRAFI FMIPA UI MENGUCAPKAN SELAMAT KEPADA DR. Triarko Nurlambang  ATAS PENCAPAIANNYA MEMPEROLEH GELAR More »

IMG_5801_WEB

Kuliah Umum oleh Brig.Jend. TNI. Makmur Supriyatno

Kuliah Umum oleh Pembicara : Brig.Jend. TNI. Makmur Supriyatno Departemen Pertahanan RI Tema : “Penentuan Batas Darat NKRI dengan Negara Tetangga More »

masateru hino

General Lecture: “Current Situation of Urbanization in Japan” Prof. Masateru Hino

Prof. Masateru Hino General Lecture: “Current Situation of Urbanization in Japan” Hari Jumat tanggal 03 Mei 2013, jam 10-00 – More »

Mhs Sydney

KULIAH UMUM Jeff Neilson, BA/BSc (hons), PhD

Water Policy and Water Trading  Oleh Jeff Neilson, BA/BSc (hons), PhD School of Geosciences University of Sydney Australia  Selasa, 9 More »

banjak

MENYOAL BANJIR, KEMACETAN DAN LOKASI IBUKOTA NEGARA: Apa dan bagaimana? DR. Djoko Harmantyo

MENYOAL BANJIR,  KEMACETAN DAN LOKASI IBUKOTA NEGARA: Apa dan bagaimana? djoko.harmantyo@ui.ac.id Tulisan ini mencoba merangkum berbagai gagasan yang diwacanakan saat Jakarta More »

henk

dr.ir. JHM (Henk) Wosten Undangan Kuliah Umum di Geografi UI

Tema :  “Use of soil survey information to generate hydrological response units for river basin modelling” Pembicara : dr.ir. JHM (Henk) More »

IMG_5803_WEB

Prof. Tangang’s Public Lecture at the University of Indonesia

Understanding of Climate Change: From Global to regional scale with specific reference to the Maritime Continent region Prof. Dr. Fredolin Tangang Working More »

IMG-20121112-00867

Temuan “Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana” di daerah

Temuan 4 Provinsi “Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana” FGD BNPB bekerjasama dengan BPBD dan RSI 2012 Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Indonesia sudah More »

IMGP6129

KL 1 Ujung Genteng Sukabumi, 2012

KL 1 Ujung Genteng, Sukabumi 2012 14 -17 Mei 2012,   Kuliah Lapang 2012 ke Ujung Genteng, Sukabumi diikuti 60 More »

kurikulum-pendidikan

Kapan TERBIT ya?

kapan TERBIT?   1. ATLAS Republik Indonesia  2. NAVIGASI DARAT   penyusun: Nirkayanto, Editor; Supriatna dan Tjiong Giok Pin Departemen Geografi FMIPA-UI More »

00p

Kuliah Lapang Bersama Geografi UI dan Geoscience USYD

Kuliah Lapang Bersama Geografi UI dan Geoscience USYD Departemen Geografi FMIPA UI mengadakan kegiatan “Join Field Trip (JFT)” dengan Universitas More »

Dr. Asep Karsidi

Selamat Kepada DR. ASEP KARSIDI sebagai Ketua BIG

KAMI KELUARGA BESAR GEOGRAFI FMIPA UI MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DILANTIKNYA DR ASEP KARSIDI SEBAGAI KETUA BIG   Semoga BIG bersama More »

Seminar Sehari “SITUS GUNUNG PADANG: Metodologi dan Etika Riset serta Keragaman Perspektif

PENGUMUMAN
situs megalitik jabar
SEMINAR SEHARI, PADA:

HARI/TANGGAL : SELASA/2 DESEMBER 2014
WAKTU                  : 08.30 – 13.00
TEMPAT                 : AUDITORIUM GEDUNG IX, FIB KAMPUS UI DEPOK

PEMBICARA :

1. DR. ALI AKBAR
2. PROF. (RIS) DR. BAGYO PASETYO
3. LUTFI YONDRI, M,HUM.
KONFIRMASI KEHADIRAN: ADI KRISTINA/SDRI SUNARTI 021786352829

DEMIKIAN PENGUMUMAN. ATAS PERHATIAN DAN KEHADIRAN BAPAK/IBU, MAHASISWA/I

KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH.

Prof. Dr. Hartono, DEA, DESS Ketua Umum (IGI) periode 2014-2018

igi 2014

SELAMAT

Prof. Dr. Hartono, DEA, DESS.

sebagai

Ketua Umum Ikatan Geograf Indonesia (IGI) periode 2014-2018


Prof. Dr. Hartono, D.E.A., D.E.S.S dikukuhkan menjadi guru besar di Balai Senat UGM pada selasa 5 Juni 2012.

Beliau merupakan dosen tetap di Fakultas Geografi UGM, sempat menjabat sebagai dekan fakultas Geografi UGM dan saat ini (tahun 2012) tercatat menjabat sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana UGM. Beliau menyampaikan bahwa kebutuhan informasi geografi semakin tak terelakkan di Indonesia. Pentingnya informasi geografi untuk mennunjukkan keberadaan, distribusi, dan kualitas sumberdaya serta fenomena spasial guna mendukung pembangunan nasional di Indonesia.

Akan tetapi informasi yang sedemikian penting tersebut belum dikelola dengan baik dan sistematis, multiskala, dan belum dijadikan sebagai dasar analisis utuh wilayah. 

Prof Hartono IGI

Prof Hartono memberikan judul pidato pengukuhan guru besarnya dengan “Penginderaan Jauh dan Aplikasinya untuk Sumberdaya dan Lingkungan”. Pemerintah telah memeiliki iktikad baik dalam pengaturan informasi geografi. Hal tersebut ditunjukan dengan dikeluarkannya undang-undang yang mengatur infromasi geografi.

Produk yang dikeluarkan antara lain PP 10/2000 tentang Ketelitian Peta Tematik Pendukung Tata Ruang, Perpres Nomor 85/2007 tentang Jaringan Data Spasial Nasional, UU Nomor 4/2011 tentang Tata Informasi Geospasial, dan Buku II Program Pembangunan Nasional Presiden SBY Periode II. Teknologi informasi geografi ini merupakan ujung tombak yang andal bagi peran dan kiprah ilmu geografi dalam pembangunan bangsa,” pungkasnya. Semoga dengan bertambahnya SDM yang berkualitas di bidang Ilmu Geografi menjadikan ilmu geografi lebih baik dan lebih matang, sehingga dapat memberikan konstribusi yang lebih dalam pembangunan nasional.

Pendidikan:

  • S1 Geografi UGM
  • S2 Sains Naturelle Univ. Pierre Marrie Curie France Sains Natural/Ecologie Univ. Paul Sabatier France
  • S3 Sains Natural/Ecologie Univ. Paul Sabatier France

Disertasi: ETUDES des MANGROVES de JAVA (INDONESIE) a l’aide des Donnes de Teledetection, ICIV – UPS (Studi Mangrove di Jawa dengan BAntuan Alat Teledeteksi, ICIV – UPS)

“One Map Policy untuk Indonesia” Titik Suparwati

Titiek suparwati2

Titiek suparwatiOne Map Policy untuk Indonesia”

Titiek Suparwati (Plt Kepala BIG), Pada acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) XVII dan Kongres Ikatan Geograf Indonesia (IGI) pada 15-17 November 2014 di Yogyakarta.  PIT dan Kongres IGI ini mengambil tema “Potensi Geografi Indonesia Menuju Kejayaan Abad 21 Asia”.

Pentingnya IG (Informasi Geografi)

Mbak Titik (panggilan akrabnya) menjelaskan bahwa  profesi geograf harus berani tampil ke depan dan menjadi bagian penting dalam pembangunan nasional terutama terkait dengan pembangunan Informasi Geospasial (IG).  Pembangunan nasional pada dasarnya harus mampu mengurangi kesenjangan antar wilayah, mampu mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan berbasis keunggulan potensi wilayah dan pemerataan pelayanan sosial dasar. Kondisi ini dapat dicapai apabila, mulai dari tahap proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan nasional menggunakan Informasi Geospasial yang dapat dipertanggungjawabkan.

Perubahan paradigma

IG  sebagai alat pendukung pengambil keputusan (decision support tool) menjadi IG  alat pembuat keputusan (decision making tools).

Kompetensi Geograf

Ketrampilan analisis dan sintesis terhadap IG untuk kepentingan pembangunan nasional. Profesi geografi yang menjadi bagian dari SKKNI  Bidang IG meliputi 6 Sub bidang yaitu survei terestris, hidrografi,  fotogrametri, penginderaan jauh, sistem informasi geografis dan kartografi. Dan yang menjadi penting adalah  pemaknaan IG melalui integrasi, analisis dan sitensis IG untuk skenario pembangunan, monitoring dan evaluasi berbasis kewilayahan.

FAKTOR DOMINAN KEMACETAN LALU LINTAS JALAN RAYA DI DKI JAKARTA

macet

FAKTOR DOMINAN  KEMACETAN  LALU LINTAS JALAN RAYA

DI DKI  JAKARTA

 

Oleh
Dr. Mangapul P.Tambunan
Departemen Geografi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Indonesia

 

Masyarakat di DKI Jakarta pada pagi hingga sore hari bisa mencapai 8 juta  jiwa (BPS, 2013) yang 50 persennya dalam mobilitasnya menggunakan kendaraan pribadi maupun umum di jalan raya. Penggunaan kendaraan pribadi dan umum pada  ruang dan waktu yang bersamaan ini bila beluim dikelolah dengan baik oleh pemerintah, swasta dan masyarakat  maka bisa menyebabkan kemacetan lalulintas jalan raya yang luar biasa, dan kurang nyaman  bahkan kurang aman bagi masyarakat yang bekerja dan berbisnis, dan bersekolah di DKI Jakarta.

Powered by WordPress | Designed by: suv | Thanks to toyota suv, infiniti suv and lexus suv